Jutaan Warga AS Beramai-ramai Ikuti Pemilu Sela

Warga mengantre untuk menggunakan suara mereka dalam pemilu sela di San Diego, California, AS, 6 November 2018. (Foto: AFP / Ariana Drehsler)

Washington: Jutaan warga Amerika Serikat beramai-ramai mendatangi tempat pemungutan suara untuk memilih perwakilan mereka di Kongres dalam pemilihan umum sela, Selasa 6 November 2018. Pemilu sela ini memperebutkan 435 kursi dewan perwakilan, 35 tingkat senat dan 36 level gubernur.

Dari New York hingga California, dan dari Missouri sampai Georgia, terjadi antre panjang di TPS sejak pagi buta. Antrean ini terjadi setelah warga AS melewati masa kampanye ‘panas’ Partai Demokrat dan Republik. 

Demokrat berjuang keras agar dapat mendominasi jumlah kursi di dewan perwakilan dan juga senat. Namun media lokal menyebutkan Demokrat cenderung lebih fokus pada kursi dewan perwakilan. 

Kantor berita CBS mengestimasi Demokrat akan memenangkan 225 kursi dewan, sementara Republik 210. Angka 225 sudah melewati jumlah minimum 218 untuk mencapai mayoritas.

Namun estimasi tersebut memiliki margin of error 13 kursi untuk masing-masing kubu. Ini artinya, hasil akhir akan ditentukan kepada setiap pemilih yang hadir atau absen dalam pemilu sela.  

Republik memiliki peluang yang lebih baik di level Senat, di mana beberapa petahana Demokrat mempertahankan kursi mereka di sejumlah negara bagian yang dimenangkan Presiden Donald Trump pada 2016. 

Sejumlah media lokal memperkirakan tingkat keikutsertaan warga pada pemilu sela kali ini lebih tinggi dari pemilihan sebelumnya. 

(WIL)